Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘knowlegde’ Category

RA.Kartini on 2008

 

ibu kita Kartini, putri sejati
putri Indonesia, harum namanya

ibu kita Kartini, pendekar bangsa
pendekar kaumnya untuk merdeka

wahai ibu kita Kartini
putri yang mulia
sungguh besar cita-citanya
bagi Indonesia

Masih Ingat kah engkau akan lagu ini..? masih hafalkah engkau dengan lagu ini.. waduh jujur aja deh.. aku dah nggak iling blass… inget tglnya aja dah lupa boro2 lagunya.. balik ke SD lagi yuk..

Tak terasa hari ini hari bersejarah bagi kaum hawa di Indoensia.. tanpa beliau mungkin kita masih berkutak kutik di dapur saja..nggak ngerti kono-kene, nggak ngerti tentang dunia luar.. taunya 3M Masak, Macak,Manak ( eh bener atau salah sich ..??? ). Tanpa beliau mungkin kita nggak akan pernah tau soal dunia politik, dunia laki-laki, dunia yang tak mungkin kita pikirkan sebelumnya..

Zaman RA.Kartini, semua serba aturan dan penuh tantangan.. kita tak bisa bebas bergerak dan leluasa bekerja. Kita harus tunduk kepada Orang tua kita, Suami dan saudara laki-laki.Kita harus patuh apa kata orang tua yang serba ini dan itu..RIBET deh…untung aku nggak lahir zaman itu deh..ngenes kalee yeee.. 

Aduh..Tahun semakin berganti, begitu juga gaya dan aturan pun selalu berganti mengiringin tiap langkah tahun yang berjalan..kini tak lagi banyak aturan yang mengikat kaum hawa untuk bekerja dan berberpikir… sekarang kita bisa bergerak,terbang bebas dan leluasa menjelajahi dunia luar yang pernah dalam angan kita sebelumnya..Sekarang kita bisa bekerja dan meraih cita-cita setinggi langit..( berapa meter yach..? ada yang tau nggak.,.??). Sekarang kita bisa belajar nggak hanya satu-dua bahasa aja.. ibaratnyan kita kaum hawa bisa merdeka…Tapi INGAK-INGAK… walau kita bisa terbang sebebas burung camar ( lho kok jadi Vina Panduwinata sich..) kita tetap nggak boleh melangkahi hak suami dan membantah apa kata Ortu..apalagi sampai ngelupain kodrat kita sebagai wanita.. yach kembali lagi 3M deh…kita tetap kudu menghormati ortu dan suami serta pasa saudara laki2 kita, kita tetap kudu patuh dan tunduk walau hati kita kadang berontak.

Janganlah setelah kita bisa bebas dan merdeka kita jadi lupa akan kodrat kita sebagai wanita dan melupakan segalanya.. terutama dalam segi keluarga.. janganlah itu sampai terjadi yach.. ( ceile sok filosofi banget deh gw..). Janganlah setelah kita meraih cita-cita kita jadi males berumah tangga karena takut kita nggak bisa berkreativitas lagi dan mendapatkan segala sesuatu yang kita mau.. Boleh lah kita beraktivitas walaupun kita berumah tangga.. toh masih banyak jalan untuk mendapatkan uang sendiri..seperti buka usaha kecil di dalam rumah( home industri) dengan begitu kita bisa menjadi wanita sejati.. ngejagain keluarga dan juga punya income sendiri.Bukan berarti kita harus bekerja di kantor dengan jabatan yang tinggi dan gaji yang gede tapi keluarga berantakan.. RA KARTINI nggak ngajarin kita seperti itu khan..?Beliau walau mengajari kita untuk beremansipasi dengan kaum Adam.. bukan maksud untuk menginjak mereka dan juga bukan maksud untuk mereka mudah mempermainkan kita.. tetaplah kita berdiri dan menjadi wanita yang mandiri tanpa harus selalu bergantung dengan kaum adam.. bolehlah sometimes kita bergantung kepada mereka karena mereka punya tanggung jawab terhadap kita…

Nach generasi muda… bagaimana dengan RA KARTINI era thn 2008..?????? 

 

 

 

Advertisements

Read Full Post »

hoi.. hoi.. mungkin kalau 2 blog sebelumnya aku selalu pakai bahasa linggis.. sorry yach bukan maksud hati keminter nich…Kalau aku sebut bahasa linggis aku jadi ingat ama pembantu mama yang kerja dah puluhan tahun. Mbak Sih  namanya. Dia selalu sebut bahasa linggis.. tau tuh males kalee bilang yang bener.. bahasa Inggris. Nach disini  aku coba berbahasa linggis sebagai latihan gitu loh…kadang grammar / tulisan / cara berbicara alias spelling kita salah dan kebetulan aku sekarang ada di Dubai…negara unta dan kambing ( habis makanan banyak yang berbau + berasa kambing sich ).Jadi yach latihan ya praktek gitu deh.. sambil menyelam minum air (waduh udah kembung glek’en lagi donk ) 

Sekedar curhat nich, di sini banyak orang2 Arab ( tentu aja lah ), Russian,Nepal,Bangladesh,Moroko,Tunisya,Syrian,Jordan, Pakistan and Philipin. yang bikin bt kalau ketemu ama orang Philipin mereka langsung berbahasa tagalog tanpa basa basi dulu kita sebangsa / nggak.Gak kaya orang2 kita biarpun kelihatnnya sama paling gak kita berbahasa linggis dulu untuk sopannya.. baru setelah yakin 100 % mereka se tanah air ama kita barulah kita cakap cakap bahasa kita.. tul gak tuh..?

Maka dari itu.. biasakan berbahasa linggis bukan maksud untuk pamer nich.. tapi itu khan juga bahasa International. Dimana bahasa linggis di pakai sebagai petunjuk/ bahasa pengantar. Tapi jangan berbicara deangan bahasa linggis dengan aksen yang dibuat2 sok Amrik atau sok Brithish deh.. kalau emang kita wong jowo yach masih medhok jowo lah.. jadi lucu juga .. he..he..he..tapi khan alami.. daripada yang niru-niru sok aktris holliwood.

so…enaknya pakai bahasa linggis atau bahasa kita nich…?

Read Full Post »